Kendaraan udara tak berawak, apa itu drone?

Seiring dengan kemajuan dunia teknologi, banyak benda-benda canggih terus diciptakan oleh manusia untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Salah satu objek yang menantang ini adalah drone. Apa itu drone?

Drone adalah kendaraan udara tak berawak (UAV) dan jangan bingung dengan istilah UFO (Benda Terbang Tidak Dikenal) yang ditakuti karena keduanya memiliki arti yang berbeda.

Drone dapat menjadi objek terbang otomatis atau pesawat yang dikendalikan manusia. Sangat penting untuk mendefinisikan dan menjawab pertanyaan “Apa itu drone?” adalah sesuatu yang tak berawak.

Bidang aplikasinya beragam, baik sebagai objek hobi untuk syuting maupun fotografi, baik untuk pemula maupun profesional. Di sisi lain, digunakan sebagai drone militer atau drone tempur.

Untuk lebih memahami apa itu drone, kita akan membahasnya lebih detail di artikel ini.

Bagaimana cara kerja drone?

Cara kerja drone pada dasarnya terinspirasi oleh benda terbang dalam hidup kita. Namun, drone tersebut memiliki versi yang lebih kecil dari segi ukuran dan dapat dikemudikan secara mandiri.

Secara umum, saat ini terdapat dua jenis drone yang beredar di pasaran, yaitu drone multi rotor dan fixed wing. Keduanya memiliki prinsip kerja yang hampir sama, hanya posisi “berbaring” dari penggerak utama yang dibuat berbeda.

Drone multi-rotor beroperasi dengan prinsip yang terinspirasi dari helikopter. Mesin disusun secara vertikal sehingga baling-baling juga dapat menghasilkan gaya angkat vertikal.

Sedangkan drone fixed wing memiliki bentuk yang terinspirasi dari pesawat terbang pada umumnya. Sistem kerjanya juga memiliki prinsip yang sama dengan pesawat terbang.

Mesin penggerak berada pada posisi horizontal, sehingga baling-baling juga dapat menggerakkan badan drone secara horizontal. Sayap dan badan drone dirancang secara aerodinamis untuk memberikan daya angkat yang optimal saat drone bergerak secara horizontal.

Apa fungsi drone?

Masih banyak orang yang bertanya apa fungsi drone? Untuk apa ini digunakan? Selain penggunaannya dalam dunia fotografi dan militer, seperti yang telah dibahas sebelumnya, masih banyak fitur dan kegunaan dari drone itu sendiri.

Semakin banyak pengembang drone, semakin banyak fungsi berbeda yang dibuat oleh mereka. Berikut beberapa fitur drone yang sering digunakan orang saat ini.

Drone digunakan untuk memantau arus lalu lintas
Pemantauan pertumbuhan tanaman (pertanian)
Mengambil foto untuk memudahkan proses survei tanah
Drone sekarang dapat menyemprotkan air saat memadamkan api
Drone dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi geologis
Membantu petugas dalam mengakses lokasi yang terputus saat terjadi bencana alam

Berapa harga drone?

Harga pasar drone saat ini sangat bervariasi tergantung pada peralatan dan nama merek. Dengan menghabiskan sekitar Rp. 1 jutaan anda sudah bisa memiliki drone mini murah yang cocok untuk pemula.

Penghargaan untuk drone termahal dipegang oleh Ehang 184 yang dikembangkan oleh perusahaan asal China. Drone ini ditawarkan dengan harga Rp. 4,2 juta untuk para penggemar. Apakah Anda tertarik untuk membelinya?

Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa itu drone dan fitur-fiturnya. Jika Anda tertarik, pastikan Anda memahami spesifikasi dan kegunaan drone tersebut.